Minggu, 13 Mei 2012

5 Museum yang Harus Dikunjungi di Dunia!

5 Museum yang Harus Dikunjungi di Dunia!
Pecinta ruang angkasa dan pesawat-pesawatnya bisa datang ke sini. Di museum yang didirikan pada 1976 di National Mall ini memiliki koleksi terbesar artefak pesawat biasa, pesawat ruang angkasa, dan pesawat ulang alik. Setidaknya ada 50 ribu artefak asli pesawat, mulai dari milik penerbang Wright bersaudara pada...
Amerika mendominasi posisi lima besar lima museum di dunia yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ada tiga, dua lainnya dari Paris dan London. Asia tidak memiliki wakil di sini, termasuk dalam 10 besar museum yang paling banyak dikunjungi. Amerika dan Eropa memang menjadi kutub utama berdirinya museum-museum top dunia.

Beberapa negara Timur Tengah yang memiliki museum bagus pun belum bisa menembus 10 besar dari sisi pengunjung yang datang setiap tahunnya. Uniknya, lima besar museum ini sedikitnya dikunjungi lima juta orang, sementara jumlah wisatawan yang datang ke seluruh Indonesia, 5-6 juta setahun. Ini artinya, untuk satu museum di New York, jumlah pengunjungnya sama dengan turis asing yang datang ke Indonesia setiap tahunnya.

1. Museum du Louvre, Paris, Prancis

Museum yang menjadi inti cerita Da Vinci Code karya Dan Brown ini dalam beberapa tahunnya telah dikunjungi 8,5 juta orang per tahunnya. Wajar memang, mengingat di museum yang terletak di jantung kota Paris ini tersimpan 35 ribu karya hebat pecinta seni kuno dari berbagai massa, termasuk the Venus de Milo dan the Mona Lisa.


photo: louvreparis.org

Satu objek museum yang menimbulkan kontroversi sampai sekarang adalah piramida kaca setinggi 69 kaki, IM Pei, yang masuk sana pada 1989. Kontroversi karena tidak mendapat apresiasi bagus dari banyak pihak.

2. National Air and Space Museum, Washington, AS
Pecinta ruang angkasa dan pesawat-pesawatnya bisa datang ke sini. Di museum yang didirikan pada 1976 di National Mall ini memiliki koleksi terbesar artefak pesawat biasa, pesawat ruang angkasa, dan pesawat ulang alik. Setidaknya ada 50 ribu artefak asli pesawat, mulai dari milik penerbang Wright bersaudara pada 1903 hingga pesawat canggih. Pengunjung bisa menyentuh artefak pesawat-pesawat ini.


photo: museumsworld.blogspot.com

Ada 8,3 juta pengunjung mendatangi museum ini setiap tahunnya.

3. Smithsonian National Museum of Natural History, Washington, AS


photo: mnh.si.edu

Dikunjungi 6,8 juta orang setiap tahunnya, museum ini memiliki banyak koleksi fosil dinosaurus, Hope Diamond yang terkenal, dan sedikitnya 126 juta benda lainnya. Ini menjadi museum sejarah alam yang paling banyak dikunjungi di dunia.

4. British Museum, London, Inggris

photo: richard-seaman.com

Masuk museum ini gratis (kebanyakan museum di Inggris memang gratis) di mana setiap tahunnya museum ini dikunjungi 5,84 juta orang dari berbagai negara. Ada tujuh juta objek di museum ini dengan 2,5 mil panjang galerinya. Kita bisa melacak masa lalu di sini seperti Rosetta Stone dan kontroversi Elgin Marbles.

5. Metropolitan Museum of Art, New York, AS


photo: hseindiana.com

Setiap tahun museum ini dikunjungi 5,21 juta orang untuk melihat maha karya Picasso dan instalasi Big Bambu di atas atap. Untuk kedua objek ini saja, mampu menarik pengunjung 300 ribu orang pada 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar