Kamis, 17 Mei 2012

Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya UnmulSamarinda atau yang lebih lazim disebut KRUS ini merupakan salah satu diantara beberapa tempat wisata yang ada di kota Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Letaknya di sebelah utara kota Samarinda, sekitar 10 kilometer atau 15 menit perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota.
Untuk diketahui areal KRUS ini dulunya adalah areal HPH milik sebuah perusahaan, namun pada tahun 1974 perusahaan tersebut menyerahkan kawasan seluas 300 Ha kepada Rektor Universitas Mulawarman untuk dikelola menjadi hutan konservasi atau kebun raya yang kemudian juga diperkuat oleh Gubernur dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur. Pada tahun 1997 Walikota Samarinda juga kembali memperkuat agar kawasan ini dijadikan hutan pendidikan Universitas Mulawarman.
Sejak dikelola oleh Unmul maka kawasan KRUS ini menjadi kawasan riset dan tempat berkumpul civitas akademika Fakultas Kehutanan Unmul, tak sedikit pula masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri melakukan aktifitas riset di wilayah ini.
Pada tahun 2001 pihak Pemerintah kota Samarinda dan pihak Universitas Mulawarman kembali mengadakan penandatanganan MoU, kedua belah pihak sepakat untuk menjadikan sebagian wilayah KRUS sekitar 62 Ha untuk dikelola sebagai kawasan wisata.
Saat ini pengelola terus berusaha membenahi KRUS agar semakin menarik bagi pengunjung.
Di KRUS untuk saat ini terdapat kebun binatang mini, disebut mini karena memang binatangnya masih dalam jumlah terbatas dan dipelihara di dalam kurungan yang berukuran tidak terlalu besar, ada orang utan dan beruang madu yang merupakan binatang khas pulau Kalimantan, kemudian ada rusa sambar, buaya muara, monyet dan lain-lain.
Selain itu di sini juga terdapat danau yang cukup luas, bagi yang ingin berkeliling-keliling danau bisa menyewa sepeda air untuk digunakan bersama keluarga atau teman.
Kalau masih belum puas berkeliling-keliling danau, menyewa andong dan mengitari tempat wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan. Setelah lelah berkeliling-keliling kita bisa beristirahat di warung-warung yang tersebar di area ini atau bisa duduk-duduk santai di gazebo yang ada di berbagai sudut sambil menikmati suasana.
Masih belum puas…?
Coba lagi yang satu ini nih… All Terrain Vehicle (ATV), tersedia beberapa unit “kendaraan segala medan” di tempat ini, silahkan mencoba untuk beberapa putaran.
Di sini juga terdapat Museum Kayu, kita bisa menambah wawasan tentang jenis-jenis kayu yang terdapat di Kalimantan Timur mulai dari kayu yang komersil sampai kayu yang kurang komersil.
Tidak jauh dari Museum kayu terdapat gerbang “Praja Muda Karana”, ini merupakan gerbang menuju area camping ground, bagi yang hobi kemping sekali-kali bisa mencoba di sini.
O’ouw… ga terasa udah waktunya sholat Zhuhur nih… sampai di sini dulu ya jalan-jalannya mau sholat dulu nih di Musholla KRUS…
Semoga saja Pemerintah Kota Samarinda akan terus membenahi tempat wisata yang satu ini, bisa juga bekerjasama dengan pihak swasta yang berkompeten dalam mengembangkannya, sehingga akan semakin banyak lagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Kebun Raya Unmul – Samarinda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar