Kamis, 17 Mei 2012

Gigi Hitam

Dayak teeth
Warga Dayak beranggapan bahwa  gigi hitam adalah cantik. Semakin hitam  gigi, semakin baik. Alasannya  untuk ini adalah bahwa dengan  gigi hitam tidak terlihat kepada roh-roh, sehingga  dengan demikian dipimpin untuk mempercayai  bahwa mereka telah terhindar sebagai bahaya dan dapat menjaga diri mereka sendiri.
Penghitaman dilakukan dengan  pencelupan dengan membuat pasta dari daun tertentu yang mengandung tannin, dan erth whichin sangat kaya zat besi. Pasta ini menempel di gigi dan disimpan disuatu tempat sepanjang malam dengan sepotong daun pisang. Tannic asam tersebut yang membentuk warna gigi  gigi.  ( oleh frans aso )
—> The Dayaks find black teeth beautiful. The blacket the teeth, the better. The reason for this is problaby that black teeth are invisible to the spirits, who are thus led to suppose that they have been pulled out and offered as sacrifice to themselves.

The dyeing is done by making a paste of certain leaves containing tannin, and erth whichin very rich in iron. This paste is plastered over the teeth and kept in place all night by a piece of banana leaf. The tannic acid formed discolours the teeth. ( by frans aso )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar