1. Jepang
Kereta: JR-Maglev MLX01
Kecepatan: 361 mph
Kapasitas: Eksperimental
Jepang adalah
pemimpin dunia ketika datang ke kereta api berkecepatan tinggi,
membuka modern pertama di dunia rel kecepatan tinggi pada tahun 1964.
Jepang pertama membuat terobosan di lapangan ketika mereka
memperkenalkan seri pertama dari Shinkansen Tokaido "kereta peluru,"
yang dapat mencapai kecepatan puncak 130 mph. Kereta api peluru awal
membawa lebih dari 100 juta penumpang hanya dalam tiga tahun pertama.
Saat ini, kereta
api masih beroperasi di jalur rel tersibuk di dunia, membawa 378.000
penumpang sehari. Kereta maglev juga telah dikembangkan di Jepang
sejak tahun 1970-an. Pemerintah telah menyetujui rencana untuk sebuah
proyek $ 112.400.000.000 untuk membangun jalur kereta Maglev antara
Tokyo, Nagoya, dan Osaka, dengan tanggal penyelesaian 2027.
Berkecepatan tinggi ini direncanakan kereta diharapkan untuk memotong
waktu perjalanan saat ini antara Tokyo dan Osaka dari dua jam dan 18
menit pada Shinkansen hanya lebih dari satu jam. Saat ini, JR-Maglev
eksperimental MLXO1 dianggap kereta tercepat di dunia, dengan
kecepatan 361 mph atas dalam uji coba pada tahun 2003.
2. Prancis
Kereta: TGV V150
Kecepatan: 357 mph
Kapasitas: Eksperimental
Prancis melaju di depan seluruh Eropa dalam lomba untuk membangun berfungsi penuh pertama kecepatan tinggi jaringan kereta api.
Alstom pertama kali dikembangkan kereta TGV menghantam trek pada tahun
1981, dengan layanan antara Paris dan Lyon. Sejak itu, jaringan ini
telah diperluas untuk layanan 150 tujuan di Perancis dan negara-negara
tetangga.
Terbatas pada kecepatan hingga 200 mph selama pelayanan normal, TGV
V150 eksperimental mencapai kecepatan 357 mph rekor pada 2007-membuat
kereta tercepat kedua di dunia. Kecepatan tinggi teknologi TGV yang
digunakan dalam kereta api nasional di banyak negara Eropa termasuk
Inggris, Belgia, Belanda, dan Jerman. Bulan lalu, kereta api Alstom
pembuat Perancis menandatangani kesepakatan awal untuk membangun jalur
rel kecepatan tinggi di Irak menghubungkan kota-kota Baghdad dan
Basra.
3. Cina
Kereta: CRH380AL
Kecepatan: 302 mph
Kapasitas: 600 penumpang
Cina telah
terpanjang di dunia jaringan berkecepatan tinggi kereta api dengan
lebih dari 6.000 kilometer dari rute dalam pelayanan.
Hal ini juga menawarkan rute rel kecepatan tinggi terpanjang, dengan
pembukaan Beijing-Shanghai lini awal bulan ini. Rute 819 mil dibuat
menggunakan 60 juta meter kubik beton, dua kali jumlah yang digunakan
dalam Bendungan Tiga Ngarai. Sementara kereta CRH380AL beroperasi pada
kecepatan 186 mph, kereta mencapai kecepatan 302 mph rekor dalam uji
coba. China pertama berkecepatan tinggi baris, yang dibuka pada tahun
2007, 40,6 juta penumpang melihat perjalanan itu hanya dalam dua
tahun pertama. Pemerintah berharap untuk meregangkan berkembang pesat
Cina jaringan berkecepatan tinggi untuk 28.000 mil pada akhir 2015.
4. Jerman
Kereta: Transrapid TR-07
Kecepatan: 270,3 mph
Kapasitas: Eksperimental
Jerman adalah
sebuah bangsa yang telah di garis depan kecepatan tinggi teknologi
rel. Ini rumah untuk Siemens, produsen terbesar di dunia kereta api
berkecepatan tinggi. Perusahaan Jerman Siemens dan ThyssenKrupp telah
mengembangkan sistem Transrapid, berkecepatan tinggi kereta api
monorel beroperasi pada levitasi magnetik (maglev) teknologi, yang
dapat mencapai kecepatan 311 mph. Pada tahun 2004, kereta Maglev
Shanghai di China adalah kereta Transrapid komersial pertama untuk
mengangkut penumpang, memukul kecepatan 267 mph.
Meskipun kereta
api levitasi magnetik dikembangkan di Jerman, mereka tidak pernah
digunakan secara komersial di negara ini. Teknologi ini telah
menghadapi beberapa kemunduran, termasuk biaya tinggi dan kecelakaan
yang menewaskan 25 orang selama uji coba pada 2006. Sebaliknya,
InterCityExpress (ICE) sistem telah diadopsi secara nasional sejak
1991. Ini kereta api berkecepatan tinggi menghantam kecepatan 199 mph
dan menghubungkan kota-kota Jerman dengan kota-kota di Swiss, Austria,
Belgia dan Belanda. Sebuah kereta ICE bencana dekat desa Jerman
Eschede pada tahun 1998 dianggap paling mematikan di dunia kecepatan
tinggi kecelakaan kereta api, menyebabkan kematian 101 orang.
5. Spanyol
Kereta: AVE Kelas 103
Kecepatan: 251 mph
Kapasitas: 404 penumpang
Spanyol
memiliki jaringan rel kecepatan tinggi terpanjang di Eropa, dengan
3.433 mil dari trek. Dengan enam berkecepatan tinggi dan beberapa
jalur kereta bawah konstruksi, pemerintah Spanyol bertujuan untuk
memiliki 90 persen dari penduduknya yang berjarak 31 kilometer dari
stasiun berkecepatan tinggi pada tahun 2020. Kereta api negara tercepat
adalah seri AVE, yang diproduksi oleh pembuat kereta api, termasuk
Siemens, Alstom dan Bombardier.
Para AVE Siemens
buatan Kelas 103 kereta mulai layanan komersial pada tahun 2007, dan
mencapai kecepatan 251 mph catatan selama tes berjalan antara Madrid
dan Zaragoza. Kecepatan puncak maksimum untuk kereta api komersial di
Spanyol terbatas pada 186 mph untuk keselamatan penumpang. Euro-zona
krisis utang dan rencana penghematan Portugal telah menghentikan
rencana ekspansi besar, yang akan telah menghubungkan ibukota Spanyol
Madrid dengan Lisbon di Portugal. Hubungan kereta berkecepatan
tinggi akan memotong waktu perjalanan antara dua kota hingga dua jam
dan 45 menit bukan sembilan jam saat.
6. Italia
Kereta: ETR 500 Frecciarossa
Top Speed: 225 mph
Kapasitas: 590 penumpang
Salah satu pionir awal Eropa kecepatan tinggi teknologi rel, Italia
adalah rumah bagi baris pertama Eropa kereta berkecepatan tinggi.
Florence-Roma garis kecepatan tinggi membuat sejarah ketika lebih dari
setengah dari seluruh panjang-yang pertama 86 mil dari Roma ke Citta
della Pieve dibuka pada tahun 1977.
Kereta di trek
mencapai kecepatan maksimum 160 mph. Sejak itu, jaringan berkecepatan
tinggi kereta api negara itu telah tumbuh secara substansial, dengan
kecepatan tinggi mencapai garis utara sejauh Torino ke selatan
sejauh Napoli. Italia buatan ETR 500 adalah seri kereta tercepat di
negeri ini, dengan yang ETR 500 Y1 Model memukul kecepatan hingga 225
mph pada tahun 2009 dalam perjalanan antara Florence dan Bologna.
Tidak semua orang senang dengan kemajuan, namun.
Awal bulan ini, lebih dari 200 orang terluka dalam unjuk rasa
menentang pembangunan sebuah terowongan 36 kilometer yang
direncanakan di utara Susa lembah yang akan memotong tiga jam dari
tujuh jam perjalanan kereta saat ini antara Paris dan Milan. Pengunjuk
rasa mengatakan garis berkecepatan tinggi akan merusak daerah dan
konstruksi dapat melepaskan bahan kimia berbahaya.
7. Britania Raya
Kereta: Eurostar 3313/14
Top Speed: 208 mph
Kapasitas: 750 penumpang
Eurostar telah
mengubah cara Eropa Barat perjalanan. Sejak mulai beroperasi pada
1994, yang berbasis di London jaringan berkecepatan tinggi kereta api
menghubungkan Inggris dengan kota-kota di Perancis dan Belgia
melalui terowongan bawah tanah di Selat Inggris, sering disebut
sebagai Dengan kereta api dan 27 link ke lebih dari "Chunnel." 100
destinasi di seluruh Eropa, jaringan ditandai 100 juta penumpang pada
bulan Agustus 2009. Jalur rel membawa penumpang dengan kecepatan
hingga 186 mph.
Para 3313/14
Eurostar memecahkan rekor kereta api Inggris ditetapkan pada tahun
1979 dengan mencapai kecepatan 208 mph pada tahun 2003. Jaringan
kereta api baru-baru ini dibawa ke pengadilan oleh pembuat kereta
Perancis Alstom atas keputusan untuk memberikan kontrak $ 600 juta
untuk 10 kereta api baru untuk pembangun Jerman Siemens. Namun,
pengadilan Inggris menolak aplikasi untuk memiliki kontrak
ditangguhkan. Alstom adalah kedua terbesar di dunia pembuat kereta dan
pemasok semua kereta Eurostar yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar